Rabu, 21 November 2012

Pentingnya pengenalan Komputer pada Anak Usia Dini



Kemanjuan teknologi dan informasi di saat sekarang ini sangatlah pesat dan canggih. Kecanggihan teknologi sekarang ini tak lain hanya untuk memudahkan segala pekerjaan manusia. Mau tak mau kita juga ikut menikmati kecanggihan teknologi demi mengikuti perkembangan zaman. Teknologi dan informasi yang dikembangkan manusia saat ini sangat Variatif dan easy to use untuk semua umur. Tak terkecuali anak-anak.
Anak usia dini (0-6 tahun) adalah masa dimana perkembangan anak berkembang dengan pesat atau pada masa ini anak disebut dengan masa golden age.Pada masa inilah bagaimana anak itu terbentuk nantinya saat dewasa. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, tentunya juga harus dengan pandai kita manfaatkan. Terlebih untuk pendidikan. Apalagi  dalam pendidikan anak usia dini, bukan tidak memungkinkan kita dapat mengenalkan perangkat komputer atau laptop bahkan i-pad bahkan menggunakan mesin pencari seperti google.
Komputer adalam pendidikan anak usia dini sangat penting kita kenalkan pada anak. Kenapa demikian??,
karena selain mengikuti perkembangan zaman juga komputer juga dapat digunakan sebagai media untuk menstimulus perkembangn anak. Dengan mengenal komputer sejak dini, diharapkan anak tidak kaku nantinya jika pada masa nya perkembangan teknologi semakin pesat lagi. Selain itu, aplikasi dalam PC juga dapat digunakan untuk sarana hiburan bagi anak.
Contoh penggunaan komputer dalam anak usia dini, guru atau orangtua dapat membimbing anak atau mendampingi saaat anak mulai berkenalan dengan komputer. Anak dapat dibimbim memegang mouse dimana itu dapat merangsang motorik halus otot jari anak. Anak juga dapat belajar menggambar, menulis di komputer. Orangtua atau guru juga dapat mendownload beberapa permaian edukatif sehingga dapat semakin variatif dan anak akan semakin enjoy denagn komputer tersebut.
Media komputer dalam pendidikan anak usia dini sangatlah penting. Namun, guru atau orangtua hendaknya dapat mengawasi dan membimbing anak dalam menggunakanya.

Penulis :
Winda Widyastuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar